Monday, November 3, 2008

Terima kasih Unit Pengaduan Keluhan BRR...


Salah Satu kegiatan dari Tim Advokasi adalah mencari informasi dari pemberi bantuan yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi korban gempa dan tsunami, gambar diatas menunjukkan Tim Advokasi Palang Merah Irlandia sedang menanyakan status korban tsunami untuk permasalahan perumahan. Umumnya korban tsunami sering mengadu mengapa rumah yang dijanjikan oleh BRR belum kunjung tiba. Kemudian Tim Advokasi mengunjungi BRR untuk menanyakan apakah nama korban tsunami yang kita dampingi telah termasuk di data base BRR dan apakah statusnya sudah di verifikasi dan valid jika memang valid ya itu sudah tanggung jawab BRR untuk menyelesaikan rekontruksi untuk korban tsunami yang sudah menjadi penerima manfaat BRR, jika data yang kami tanyakan tidak valid di database BRR tapi mereka betul-betul mengalami musibah tsunami dan memang layak harus dibantu atau dengan kata lain memang haknya sebagai korban tsunami, emmm ini baru tanggung jawab Tim Advokasi Palang Merah Irlandia untuk mencarikan pemberi bantuan kepada mereka yang korban dan apabila datanya tidak valid di BRR dikarenakan sipengadu bukan korban tsunami dan dia memang tidak berhak dari segal sudut pandang ini juga tanggung jawab Tim Advokasi Palang Merah Irlandia untuk memberikan mereka pengertian/penjelasan (ya semacam community education lah) mengapa mereka tidak berhak mendapatkannya.

Setiap kali Tim Advokasi Palang Merah Irlandia datang ke unit pengaduan keluhan BRR, mereka selalu ramah tamah dalam menyambut tamu, selalu sabar untuk menerima berbagai macam keluhan yang kami bawa dari korban tsunami dan mereka juga cukup sabar dengan sistem database yang mereka punya (seperti istilah rumah dengan tipe RSS (rumah sangat sederhana), mereka mempunyai database dengan istilah DSSS (database sistem sangat sederhana). Database yang berbentuk dalam file excel dan sebagai lagi berbentuk file PDF, untuk pencariannya pun sangat mudah file-filenya di disimpan dalam folder-folder dengan nama kecamatan dan file (excel dan PDF) dengan nama desa tertentu yang harus dilihat satu-satu jikakala kita ingin melihat data di dalamnya, ya database seperti itulah…bisa dibayangkan kesabaran mereka dalam mencari ataupun mencocokkan nama penerima manfaat, Alhasil, semua informasi yang kami terima bersifat akurat dan dapat di percaya, untuk rumah kapan akan dibangun atau kapan akan diverifikasi...jangan ditanya sama mereka...mereka pasti jawabnya tidak tahu...ibu-bapak tunggu saja mungkin bulan depan akan diverifkasi atau akan dibangun...staff yang sangat familiar di UPK seperti: Juliadi, Andrian, Mufti dan Rijal. Terimoeng gunaseh…cut bang2 loen. Bek bren ngon kamoe beuh.
By: Lenni Octoria